Thursday, May 23, 2013

Daftar Kegiatan Asyik Saat Liburan

Dari pengalaman pribadi,  kegiatan asyik saat liburan sebagai berikut :

1. Memasak makanan favorit kita
Memasak cukup menyenangkan bagi saya. Walaupun masih dalam tahap belajar namun kegiatan ini sangat menyenangkan. Mulai dari belanja bahan, meracik bumbu, memotong sayur, dll semuanya asyik. Memasak lebih menyenangkan jika yang kita masak adalah makanan favorit kita. Hal ini akan menambah semangat kita. Dan yang paling menyenangkan dari memasak adalah ketika orang yang kita sayangi (suami, ibu, bapak, kelaurga) menyukai masakan kita. Hal lain yang bisa dicoba dalam kegiatan memasak saat libur adalah dengan mencoba resep baru atau juga bisa memasak bersama suami/keluarga kita. Pasti asyik hehe..

2. Jalan-jalan
Hem..kegiatan ini memang jadi hobi kami. Kami suka semua jenis tempat rekreasi baik indoor atau outdoor. Namun di antara keduanya kami lebih suka outdoot. Kami sering mengunjungi tempat-tempat baru yang masih jarang dikunjungi orang lain. Tempat jalan-jalan kami biasanya gunung, pantai, air terjun, dll.

3. Kumpul di rumah bareng keluarga
Kegiatan yang satu ini memang tiada tandingannya. Apalagi saat ini kami masih LDRan sehingga berkumpul dengan belahan jiwa adalah kebahagiaan yang tiada ternilai harganya.

4. Berkunjung ke rumah keluarga dan kerabat
Tak ada salahnya jika kita mengagendakan berkunjung ke rumah saudara atau kerabat di saat libur. Hal ini selain dapt meningkatkan tali silaturahim juga dapat memperpanjang umur lho (di hadist). Selain itu juga bikin kita tambah akrab dengan keluarga. Kita juga tahu kabar-kabar mengenai keluarga atau kerabat kita.

5. Olahraga 
Kegiatan ini sebenarnya tidak harus dilakukan saat liburan. Namun dengan olahraga di saat liburan kita dapat lebih santai tanpa dibanyangi jadwal-jadwal lain seperti ketika tidak libur. Olahraga yang dilakukan bisa bermacam-macam dan variasi. Kalau bisa jangan monoton satu olahraga saja.

6. Membaca buku
Kebetulan suami hobi beli buku. Maka dari itu kalau ada waktu luang atau pas libur biasanya saya gunakan untuk baca buku. Buku yang saya baca saat liburan biasanya yang ringan. Misalnya komedi, novel, majalah, dsb.

7. Degan bareng keluarga
Di dekat rumah kebetulan ada pohon kelapa. Kalau pas panas gerah asyiknya metik kelapa muda terus dibuat degan..hem...Kegiatan ini bisa diganti dengan hal yang lain yang intinya kita metik sendiri terus dimakan sendiri. Misalnya metik durian, jambu, dll di kebun sendiri. Hehe...

8. Bersih-bersih rumah
Memang kelihatannya bikin capek tapi kalau dilakukan dengan gembira pasti asyik kok. Biasanya kalau libur saya pakai buat bersih-bersih rumah atau kost. Misalnya mencuci baju yang udah menumpuk hihihi..terus menyapu, mengepel, nyetrika, dll.

9. Window shoping
Xixixi bagi yang pengen hemat cukup window shooping aja. Shoopingnya besok-besok lagi.. 

10. Berkebun
Suami senang dengan kegiatan tanam-menaman. Rencana udah banyak banget. Pengen beli bermacam-macam bibit buat buat ditanam di halaman rumah. Semoga segera kesampaian..

11. Ngaji bareng
Kegiatan bikin hati tentrem. Dulu pas jaman masih sekolah tiap malam ahad dan ahad pagi biasanya dipakai untuk ngaji. Terus keliling dari masjid ke masjid di desa yang berupa pegunungan itu. Hehe moga besok bisa lagi. Amin

12. Ngeblog 
Mengungkapkan hal-hal yang bermanfaat dengan tulisan oke juga lho. Daripada dipendam dalam hati maka tiada orang yang tahu. Hehe...Siapa tahu bisa sukses kaya Mas Raditya itu lho..

13. Kuliner
Hehe...misal dalam sebulan libur satu kali, kita bisa gunakan satu hari libur itu untuk mencoba kuliner-kuliner unik yang ada di sekitar kita. Kebetulan di sekitar Jogja banyak sekali kuliner yang aneh-aneh misal : Belalang Goreng, Sate Klatak, Sate Kuda, Sate Kelinci Kaliurang, Lumpia Bom, Mas Kobis, Ayam Bu Rum, Tiwul Yu Tum, dll.

14. Membuat hiasan dan pernak pernik
Kegiatan ini selain melatih kreativitas dan  keterampilan juga bikin bahagian lho. Saya senang bikin bros bunga dari kain flanel, hiasan kost, bunga, menyampuli buku, papan schedule, dll. Kalau masuk kamar saya hihi kaya anak TK. Penuh pernak-pernik :p

15. Ikut kegiatan bermanfaat
Banyak banget kegiatan bermanfaat yang diselenggarakan di sekitar. Misalnya car free day, seminar nasional, pertunjukan budaya, pengajian akbar, jalan santai, sepeda santai, dan santai-santai hehe...Tinggal pilih salah satu yang kita sukai. Jangan lupa sesuaikan dengan budget dan kondisi kita.

Semoga bermanfaat,
Have a nice holiday ^_^





No comments:

Post a Comment