Friday, August 13, 2010

Ramadhan

Bulan suci penuh berkah telah tiba. Segenap umat muslim bahagia, termasuk diriku yang mendambakannya. Nuansa syahdu menemani awal puasa ini. Dimulai dengan bersuci diri ( cukup di rumah ) meskipun teman lain beramai - ramai ke tempat pemandian, seperti beton, gunungkendil, pantai, sungai, dsb.

Malam Ramadhan diisi dengan solat taraweh di Masjid Al - Mustaqim di samping rumah. Jarak masjid dengan rumah cukp dekat,mungkin hanya 100 m. Ya, semoga tidak mengurangi pahala. Hehe..Kata Pak Ustad, semakin jauh kita berjalanke masjid, katanya pahalanya semakin banyak. Awal - awal bulan ramadhan, masjid penuh dengan jamaah. Jumlahnya banyak, sampai harus solat di luar masjid. Biasanya setelah solat isya atau setelah selesai solat taraweh ada kultum dari ustad - ustad lokal yan telah dijadwal untuk mengisi pengajian. Selesai solat taraweh, saya dan teman - teman rema tadarus al - quran dulu. Setelah itu makan sisa ta'jilan atau lotesan bareng. Humm..yummi..

Sahur adalah aktivitas rutin selama bulan ramadhan ini ( kecuali yang talah bangun, hihi ). Aku membantu ibu di dapur menyiapkan makan seadanya. Setelah itu, makan sahur bareng bersama bapak dan ibu. Oh nikmatnya...Kami lalu bersama - sama pergi solat subuh ke masjid. Setelah solay subuh, aku pulang ke rumah. Kalau pas lagi malas bisanya tidur lagi. Tapi kalau tidak malas, ya nyapu, nyuci, dll. Tapi aku banyak malasnya, hehe..

Sore hari ba'da asar, aku membantu ibu memasak di dapur. Menu masakan beberapa hari di awal Ramadhan kemarin di antarnaya sayur asem, sop rumput laut, ikan sarden, wader goreng, empal goreng, sambel terasi, sambel bawang, sambel terasi, tempe garit, krupuk, es dawet, es kelapa muda, jus apel, dll.

Awal ramdhan yang indah. Semoga hari - hari ke depan bisa kulaui dengan baik Amin..
Happy Ramadhan..

No comments:

Post a Comment