Friday, July 29, 2011

Tamanisasi KKN Smpn 4 Wonosari


Program pertama KKN kami adalah kegiatan tamanisasi. Kegitan ini aadalah kegiatan yang mempersatukan kerja tim kkn kami. Ada suka duka dalam menyelesaikan program ini.  Adapun kegiatan yang telah kami laksanakan adalah sebagai berikut :
  • Memupuk tanaman - tanaman di area sekolah. Pupuk yang kami gunakan adalah pupuk kandang yang dibawa siswa pada saat MOS. Alhamdulillah tidak ada kendala. Di awal memang kami agak jijik, tapi semua terlalui juga.
  • Memperbanyak tanaman hias. Tanaman hias didapat dari siswa ketika MOS, selain itu anggota kkn juga membawa tanaman sendiri. 
  • Menata tanaman di area sekolah.
  • Mengecat tembok batas taman. Warna yang kami gunakan warna kuning dan biru. Cat ini sudah kami dapat dari sekolah. 
  • Mempercantik kolam sekolah. Kolam sekolah kami kuras agar airnya bersih. Lalu kami membeli ikan agar hidup di kolam ini (tadinya hanya ada 2 ikan, hehe). Kami juga beli patung angsa yang kemudian kami pasang di atas kolam. Cantik deh...Mesin penguras dan filter kolam ini agak rusak. Alhamdlh kemarin bisa dibenerin.
  • Membuat apotek hidup. Kegiatan dimulai dengan survei kebun, menebang pohon pisang dan semak belukar, menyirami tanah agar empuk (airnya sulit harus ngangsu hehe), mencangkul tanah yang super keras, membentuk tempat tanam, menanam apotek hidup (kencur, kunyit, lengkuas, jahe, dll), memupuk, menyiram.
  • Tahap akhir apotek hidup adalah pembuatan pagar. Adapun rincian kegiatannya : menebang bambu, mengangkut bambu dari rumah Yumi, membelah - belah bambu, menyusun pagar, memasang pagar (disemen biar kuat), dan terakhir mengecat pagar tersebut. Warna catnya hijau sesuai voting kelompok.
Alhamdulilah seudah terlalui. Semoga tidak mengecewakan sekolah. Kalaupun nilai dari sekolah tidak bagus, kami sudah sangat beruntung dengan proses yang telah kami dapat. Belajar...berbagi..kebersamaan..


No comments:

Post a Comment