Saturday, December 4, 2010

Malam Minggu

Seindah hujan di balik mendung nan hitam. Sehangat jiwa yang dikelilingi orang tercinta di malam minggu yang dingin. Seperti malam-malam sebelumnya, malam minggu adalah malam berkumpul bersama keluarga, terutama bunda. Satu malam penuh kebersamaan setelah lima hari sebelumnya merantau ke Jogja.

Siang harinya, saya main ke rumah Mbah Nomo di Silingi. Rumah gubuk sederhana tempat saya dilahirkan. Rumah penuh kenangan dan dunia tempat saya dibesarkan hingga usia 15 tahun. Kini, rumah itu dihuni bude dan pakde. Tak lupa saya mampir ke rumah Mbah Prawit, menanyakan apakah beliau sudah pulang dari Jogja ataukah belum. Maklum tadinya mau mengajak saya bareng pulang dari Jogja.

Tahun-tahun lalu, malam minggu biasanya saya ngaji Risma keliling., nginap di skul karena ada kegitana, dan terkadang juga diapeli teman.Hehe... Sekarang, anggota Risma sudah merantau meninggalkan kampung halaman. Saya sendirian, malu mau gabung kegiatan yang sekarang. Malu bertemu Mas Doni,. Atukah bukan malu tapi malas....sedangkan kegiatan skul, sudah lama tak mengikutinya. Kenangan semasa SMA yang indah..Kini saya benar-benar off kegiatan skul dan kampus. Bunda melarang saya dan mungkin memang seharusnya saya sekarang benar-benar menghabiskan waktu ini bersama keluarga untuk membayar waktu - waktu sebelumnya, yang telah pergi.

Saya coba memberanikan diri untuk datang ngaji malam minggu ini. Namun ternyata tidak ada pengajian malam ini. Saya akhirnya di rumah, menemani ibu yang sedang belajar untuk menghadapi ujian esok pagi. Tak lama kemudian, Bulek Endang, Bulek Yanti dan Dek Fifi datang. Saya tentunya senang ada anak kecil. Langsung saya gendong, saya ajak main. Mula-mula saya ajak Dek Fifi mainan api di dapur. Lalu saya ajak mainan gamelan. Dek Fifi seneng sekali, dia mukul-mukul gong, gendang, saron, dan juga bonang.

Dek Fifi kemudian saya ajak mainan di rumah. Semula Dek Fifi mainan buku, namun ketika kucingku datang, dia langsung tertarik dan bermain dengan kucing itu. Saya pun ikut main-main dengan si kucing^_^




 Pukul setengah delapan malam, Dek Fifi pulang. Seiring kepulangan mereka, gantian para niaga datang untuk latihan gamel malam itu. Saya dan ibu lalu siap-siap karena adala latihan gamel malam itu. Saya nggodok wedang dan ibu menggoreng  jadah. Alhamdullilah minuman dan makanan seadanya sudah siap dihidangkan. Ibu kemudian melanjutkan belajarnya sedangkan saya ngerjain tugas laporan praktikum.

Happy time..

No comments:

Post a Comment