Tuesday, February 1, 2011

KKN

Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ? berharap tidak seperti itu…
Kuliah Kerja Nikah ? cita- citanya sih seperti ini…
Kuliah Kerja Nyata? Nah ini yang kumaksud^_^

Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu program yang dibuat suatu perguruan tinggi untuk mengaplikasikan ilmu yang kita dapat di bangku kuliah dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya. Kegiatan KKN merupakan ajang pencarian pengalaman nyata. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk para mahasiswa. Saya sebentar lagi juga akan mendapatkan kesempatan ini. Sunggu tak terasa begitu cepatnya saya sudah akan menapaki tahap ini. Dulu biasanya Cuma bisa dengar cerita dari kakak-kakak kelas, dari saudara, dari teman-teman, tapi sekarang aku sendiri yang akan mengalaminya. 

Di kampus tempat saya menuntut kenaikan gaji, eh salah menuntut ilmu maksudnya^_^, kegiatan KKN diikuti dengan kegiatan PPL. PPL atau Program Pengalaman Lapangan adalah program yang cenderung lebih mengutamakan pencarian pengalaman bagi seorang guru dalam proses pembelajaran, sementara KKN lebih cenderung bekerja dan berorganisasi dalam dunia nyata di sekolah.

Kegiatan KKN dan PPL ini akan dilaksanakan pada awal Juli 2011. Amin…. ( kalau matakuliah pengajaran micro lulus, kalau tidak ya batal KKN PPL, hihi). Adapun tahap yang harus kulalui untuk menuju KKN-PPL diantaranya :
1. Lulus mata kuliah Teknologi Pembelajaran IPA dan praktikumnya.
( kalau tidak lulus mata kuliah ini, maka tidak bisa mengambil mata kuliah Pengajaran Micro IPA..hikz..hikz)
2. Lulus Mata Kuliah Pengajaran Micro IPA dengan nilai minimal B.
3. Mencari info di UPPL tentang KKN-PPL.
(jadi ingat nunggu kaya orang ilang di depan pintu kantor UPPL sama Ana Hera, mau masuk takut karena aku cuma pake switer dan Ana pake sandal^_^)
4. Minta uang orang tua untuk bayar KKN-PPL
(Maafkan daku Pak, maafkan daku Bu…)
5. Bayar KKN
(Bayar biaya KKN-PPL Rp 200 ribu ke Bank BPD DIY. Alhamdulillah saya beruntung, pembayaran lancer, antrian belum panjang)
6. Pendaftaran Online
(Tahun ini merupakan tahun pertama UNY menerapkan pendaftaran KKN-PPL secara online. Kami dipersilahkan mendaftar sesuai keinginan sendiri. Kami harus cepet-cepetan boking sekolah. Alhamdulillah saya dapat di daerah Wonosarai. Tak ada 10 menit, teman saya yang ingin jadi satu denganku sudah tidak bisa lagi mendaftar di tempat itu. Dia langsung terlempar ke sekolah lain di Jogja. Teman-temanku yang lain juga mengalami banyak incident pendaftaran secara online.)
7. Pengumuman Penempatan
(Pada pengumuman ini akan disajikan info tentang sekolah, teman-teman dalam satu sekolah dan dosen pembimbing lapangan)
8. Pencarian Anggota Kelompok
(Karena KKN-PPL terdiri dari berbagai mahasiswa antar jurusan, maka kami harus mencarinya agar berkumpul menjadi satu. Ada yang mencari lewat fesbuk, ada yang tanya teman, dan ada yang cari di kantor polisi. Hehe bukan…)
9. Pertemuan Pertama
(Pertemuan pertama dengan anggota kelompok dilakukan di UPPL. Saat itu dari 10 orang anggota kelompok, baru 6 orang yang datang. Alhasil kami tidak bisa membentuk susunan pengurus kelompok. Kami baru kenalan dulu)
10. Pertemuan dengan Dosen Pembimbing Lapangan
(Pertemuan ini dilakukan tanggal 31 Januari alias sore tadi di Pendopo Tedjakusuma. Pada pertemuan kali ini, semua anggota kelompok bisa hadir. Kami lalu membentuk susunan pengurus. Waduh aku dijadikan sekretaris….hiks…hiks. Acara dilanjutkan dengan pemberian arahan dari Pak Sasongko)
11. Bimbingan Jurusan
(Kegiatan ini akan dilakukan tanggal 1 Februari atau besok pagi jam 07.30. Kita sudah harus siap dengan rok hitam, kemeja putih, dan sepatu tinggi. Sepatu sudah dibelikan ibu beberapa bulan yang lalu. Rok pake roknya ibu pas jaman masih muda. Kemeja putih baru beli minggu lalu di Malioboro dan jilbab hitamnya?kemana ya?kok tidak ada?aduh ternyata ketinggalan di rumah, aku malah bawa jilbab hitam yang bermotif. Untung dapat pinjaman dari Mbak Destri.Yes…lengkap sudah)
12. Penyerahan Kegiatan Observasi
(Kegiatan ini akan dilakukan besok tanggal 2 Februari. Sebelum jam 9 kita sudah harus sampai di sekolah, SMP 4 Wonosari. Semoga acara besok berjalan lancar. Amin)
13. Observasi
( Pelaksanaan 2-16 Februari….wah tidak bisa liburan nih,,,)
14. Pengajuan Proposal KKN PPL
( Insyaallah Maret….)
15. Penyerahan KKN PPL
(Awal Juli 2011 )
16. Pelaksanaan KKN PPL
(Pelaksanaan awal Juli – pertengahan September 2011. Ya Allah mudahkanlah jalan kami. Aku takut besok akan seperti apa, aku belum kenal teman-teman sekelompok, aku takut berbicara di depan kelas, aku malu dijaili anak-anak, aku ingin belajar jadi guru yang baik. Bantu aku Tuhan…)
 
Gejayan, 31 Januari 2011

No comments:

Post a Comment